Jumat, 11 November 2011

Tips Cara Menghemat Uang Jajan ala Anak Kost

Diposkan oleh Blog Apresiasi di 18.00
Tips Cara Menghemat Uang Jajan ala Anak Kost

Anak kos biasanya selalu gigit jari menjelang akhir bulan, karena uang jajan yang diberikan orang tuanya selalu habis. Padahal belum mendapat pemasukan dari orang tua. Seringkali untuk menghemat, mereka membeli makanan yang murah sehingga tidak terjamin gizinya. Ada pula yang rela tidak makan pagi dan malan untuk menghemat uang jajan. Padahal hal tersebut dapat membuat anak kos menjadi sakit. Untuk itu ada tips untuk menghemat uang jajan namun tetap sehat:

1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Jika perlu buat catatan kecil, dua kolom, antara pemasukan dan pengeluaran. Kemudian tiap hari catat apa saja pengeluaran. Sehingga bisa dilihat dan dihitung-hitung kembali. Jangan sampai uang habis namun lupa apa saja yang dibeli. Hal ini dilakukan agar dapat mengontrol pengeluaran kita. Sehingga, ketika pengeluaran semakin besar, kita dapat mengendalikannya, pada esok harinya bisa meminimalisasi pengeluaran. Usahakan agar uang jajan juga bisa lebih sehingga dapat ditabung.

2. Pulang dan pergi ke kampus menggunakan angkutan umum.

Usahakan pergi dan pulang ke kampus menggunakan angkutan umun, jangan menggunakan ojek. Bahkan, jika letak kampus dan tempat kos berdekatan, alangkah baiknya jika menggunakan sepeda. Jika tempat kost berada di dalam gang, berhenti saja di depan gang. Jangan naik ojek untuk masuk ke dalam gang. Tetapi berjalan kaki saja sekalian berolah raga. Dengan begitu badan juga bertambah sehat.

3. Makan yang teratur.

Meski anak kos, tetapi harus tetap menjaga kondisi badan dengan makan teratur. Setiap pagi cukup sarapan dengan roti dan segelas susu saja. Makan siang, akan lebih baik jika membawa bekal dari tempat kos. Tetapi jika tidak bisa membawa dari kos, bisa membeli lauk pauk di luar. Nasi bisa dibawa dari kos. Untuk makan malam, bisa membeli makanan. Hindari untuk jajan makanan yang tidak perlu, seperti gorengan yang banyak minyak. Setiap pergi ke kampus, jangan lupa membawa botol minum berisi air putih.


4. Tahan nafsu untuk berbelanja yang tidak perlu

Usahakan agar membeli barang seperlunya, seperti kebutuhan pokok setiap hari. Barang-barang yang tidak perlu seperti tas, sepatu, baju, bisa dibeli dua bulan sekali. Sebaiknya dahulukan keperluan kuliah seperti membeli kertas, isi pensil, pulpen,dan lain-lain. Jika jalan ke mall, harus tahan untuk tidak tergoda membeli barang-barang atau jajan makanan yang tidak perlu. Jika tidak lapar, tidak usah jajan atau membeli makanan di mall.

Jika uang lebih sebaiknya ditabung dengan membuat celengan di kos. Lebih baik uang jajan untuk membeli makanan yang sehat daripada membeli barang-barang yang tidak perlu.

Sekian tips untuk menghemat uang jajan yang sehat ala anak kost.






Terimakasih.....

Sumber : Kaskus

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Salam Dan Sapa Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea